Demi masa, , ,

Cara menghadirkan hati dalam Shalat

Buyarnya konsentrasi dan terjauhkannya hati ketika bermunajat yang kesemunya itu menimbulkan kelengahan dalam shalat, seharusnya tak satupun dapat mengacau shalat kecuali pikiran – pikiran yang melintas yang menyibukkan pikiran manusia. Karena itu obat yang paling baik untuk menghadirka hati adalah menolak pikiran – pikiran tersebut dengan cara mencegah penyebab – penyebabnya, oleh sebab itu itu kita harusa mngenali penyebab – penyebab tsb.

Adapun penyebab bisa datang dari luar atau datang dari dalam diri kita sendiri.

Penyebab dari luar

Penyebab dari luar antara lain suara yang terdengar di telinga atau Nampak di depan mata, keduanya menarik perhatian seseorang yang kemudian mengikutinya dan menyibukkan diri dengannya, pokiran pun mulai merambat kesana kemari dan makin lama makin bercabang. Demikian pula yang tampak di depan mata akan menimbulkan berbagai pikiran yang makin lama makin berkembang dan saling berhubungan. Bagi orang yang kuat niatnya serta tinggi hikmahnya, semua itu tidak akan mengganggunya tetapi untuk orang yang lemah pikirannya pasti akan terkacaukan. Cara mengatasi gangguan pikiran tesebut adalah dengan  memotong penyebab dari ganguan – gangguan ini, seperti dengan menundukkan pandangan atau melaksanakan shalat di tempat yang gelap misalnya, atau tidak membiarkan sesuatu di depannya tidak menyibukkan inderanya.

Untuk itulah hendaknya di pilih tempat shalat yang  sekiranya tidak menimbulkan banyak gangguan seperti di jalanan, di tempat ukir atau menggunakan tikar yang berwarna warni, ba dari parta ahli ibadah memilih shalat di tempat ysng sunyi dan gelap agar lebih sesuai untuk memusatkan Himmah. Adapun jika bersembahyang di mesjid ckup dengan menundukkan kepala dan membatasi pandangan hanya

Penyebab dari dalam

Adapaun penyebab dari dalam lebih rumit cara mengatasinya, seseorang yang bercabang – cabang keinginannya di lembah dunia akan sulit untuk menyatukan pikirannya, bahkan pikiranya akan terbang ke sana kemari, sekedar menundukkan pandangan saja tidak akan berguna bagi orang ini karena hatinya sudah sangat di sibukkan oleh bebagai macam hal.

Orang seperti ini sebaiknya memaksakan diri untuk memahami apa saja yang di bacanya dalam shalat, mungkin juga mempersiapkan diri sebelum ber takbiratul ihram. Hendaknya orang seperti iut agar mengosongkan hatinya dari apa yang mengganggu pikirannya sebelum ia memulai shalatnya sehingga pikirannya tidak di sibukkan oleh hal – hal yang dapat memalinggkan pikirannya.

Apabila cara-cara seperti diatas masih tidak juga berhasil maka wajib baginya menghukumi dirinya sendiri untuk meninggalkan segala hal yang menjadi kecenderungan hawa nafsunya sebab segala sesuatu yang dapat memalingkan seseorang dari shalatnya merupakan musuh bagi agamanya dan merupkan salah satu tipu daya Iblis.

Beberapa riwayat tentang gangguan dalam Sholat dari Rasulullah dan para sahabat

Rasulullah Saw pernah bershalat memakai baju hitam bergambar yang pernah diberikan oleh Abu Jahm, segera setelah selesai shalatnya, beliau menanggalkannya sambil bersabda : “kembalikanlah ini kepada Abu Jahm, baju ini telah mengalihkan perhatianku dari shalatku, tukarkanlah ini dengan baju Abu Jahm yang tidak bergambar” (HR Bukhari, Muslim)

Pernah Rasulullah mengenakan cincin emas di jarinya (sebelum diharamkan). Beliau sedang di atas mimbar ketika tiba-tiba melemparkannya seraya bersabda : “Ini telah mengacaukan perhatianku, sekali memandangnya dan sekali memandang kearah kalian” (HR Nasa’i dari Ibnu Abbas)

Di riwayatkan bahwa Abu Talhah pernah lupa jumlah rakaat shalatnya ketika ia sedang bershalat di dalam kebunnya, dan kemudian dia mengadu kepada Rasulullah bahwa hal tesebut adalah bencana besar, dan ia pun berkata : “ Ya Rasulullah, kusedekahkan kebunku itu  terserah apa yang akan anda lakukan dengannya” (Di rawikan oleh Malik dalam Al=Muwath-tha ; dari Abdullah bin Abu bakar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: